Serunya Little Tokyo, Ennichisai blok M Square!

Hello Gaes,

kali ini ane mau membagikan sedikit pengalaman saat mengikuti salah satu event jepang atau istilahnya "Bunkasai" yang terbesar di Indonesia. Jujur ini sudah jadi incaran ane semenjak berdomisili di daerah sekitaran Jakarta
beberapa bulan terakhir. Perlu kalian semua ketahui, untuk event tahunan ini sendiri bagi para pengunjung tidak di pungut biaya sepeser pun, alias Gratis! (Wow,  Bombastis).

Untuk event ini sendiri di laksanakan di kawasan Blok M Square, yah yang warga Jakarta tulen pasti sudah gak asing lagi. Untuk sarana transportasi sendiri, saya menggunakan KRL dan turun di stasiun Kebayoran (Kebayoran Lama warga sekitar bilangnya), kemudian lanjut menuju blok M square dengan gojek atau gocar(kalau ente berangkat rame2). Bukan bermaksud promosi atau gimana ya, tetapi sejauh ini sih saya masih suka pakai Gojek >,< .

Oke, sampai kita di Ennichisai. Sebagai seorang pemula/amateur/ beginner/ NOOB di event enichisai ini, hal yang pertama ane lakukan adalah isi bahan bakar dulu, maklum gaes ane masih belum terbiasa dengan iklim disini jadi perlu isi bahan bakar cairan dulu, yah masih manusiawi-lah. Lanjut berkeliling di area Blok M Square, saran saya untuk event apapun apalagi event-event besar cobalah cari map/ denah wilayah terlebih dahulu. Bukannya apa-apa, untuk lebih menikmati event-event tertentu yang sudah dijadwalkan, kan nggak lucu kalau kita telat karena nggak tau lokasinya, yah jadi begitulah. Oke setelah mapping wilayah di dalam benak, saya dan teman lanjut mengelilingi stand-stand yang ada di enichisai, kemudian kami berhenti sejenak untuk menikmati penampilan musik-musik yang ada di stage. Kala itu, tidak tau lagi beruntung atau bagaimana, ada performance dari idol yang bernama "Kimi ga Watashi dake no Ouji sama dattara" . Kenapa ane bilangya beruntung, usut punya usut setelah mendengarkan lagu mereka beberapa kali dan mendengarkan cara mereka menyampaikan salam dengan logat mereka, ane yakin kalau mereka asli idol dari jepang, wkwkwkwk. yah mungkin nama mereka dan lagu-lagunya masih asing di telinga, tapi gak papa juga lah menikmati "Little Tokyo" seperti dalam slogan enichisai juga tidak buruk-buruk amat, lagian kawai pula , gak ada ruginya juga. FYI, "Anata ni wa Watashi dake no Ouji sama dakara" itu kalau di Indonesiakan artinya "Cuma Kamulah Pangeranku", Jadi ente bisa bayangin lagu-lagu yang dinyanyikan sama para idol yang beranggotakan 4 orang tersebut bagaimana, wkwkwkwk [mblo, mblo].

Selesai dengan penampilan mereka, ane bersama teman lanjut hunting para cosplayers. Yah ada banyak cosplay yang ditampilkan disini mulai dari Loli, Tokusatsu, Penjaga Keadilan, Pemain Olahraga, dan lain sebagainya. Yha tapi yang sempet kenalan cuma yang loli doang yag, wkwkwk nih ane sertain di bawah gambarnya.
Fokus Ssama Lolinya, jangan ane
IG : fera_Jelita [kira2 begitu juga namanya]

yah ente bisa follow ig doi di atas, karena biasanya juga sering Live di IG,



 

yah kira-kira itu beberapa foto hunting cosplay ane di enichisai ini, nanti bakal ane upload sendiri di postingan lain untuk lengkapnya.

Hal yang gak kalah menarik adalah adanya penampillan dari transportasi-transportasi yang telah di polesi sedemikian rupa, sehingga bisa menampilkan wajah-wajah anime dijalanan.


Oh iya ane lupa bilang, kalo event Enichisai ini sendiri sebenarnya bergabung dengan event C:lash, ya jadi lu bakal menemukan banyak stand C:lash, jika berkunjung kemari. Dan yang gak kalah penting adalah adanya performance dari idol team JKT48, gratis! Tapi sayangnya karena asik hunting cosplayer, yah ane terpaksa skip jadwalnya. Sebenarnya sih masih bisa, tapi ya dari kejauhan sih jadi gak kerasa (walaupun ane sendiri telah berusaha keras menembus blokade para Vvota).

Oke tiba di penghujung acara bagi ane, disuguhkan dengan penampilan arak-arakan khusus khas budaya Jepang. Kalau kata orang Jepang namanya, "Mikoshi" dan "Dashi". Dalam ritual negeri Jepang sendiri, arak-arakan ini menjadi sangat penting , karena merupakan permohonan kepada para Dewa agar panen tahun ini pun tetap melimpah atau kalau saya bisa terjemahkan dengan bahasa saya maksudnya adalah supaya Tahun ini Penuh dengan berkat. Untuk acara ini sendiri pun cukup lama prosesnya dan harus sabar menanti, karena memang agak ribet. Ribetnya yah, bayangin aja kamu harus memikul kuil dan juga kereta di atas pundak secara beramai-ramai diatas sebuah balok, yah ane mbayangin aja sih betapa pegelnya tuh yang tukang pikul. Yang kerennya dari acara ini adalah semua golongan wanita/ pria, tua muda, mendapatkan bagian mereka tersendiri, sehingga kelihatan pada bersatu padu pada waktu pemikulan tersebut. Yang gak kalah keren, arak-arakan ini juga diiringi dentuman gendang yang membahana. Untuk para pemain gendang ini sendiri pun denger-denger mereka latihan selama setahun buat mempersiapkan performance di acara Enichisai ini. Super sekali dedikasinya, salut saya.

Begitu sobat, demikian pengalaman yang dapat saya sampaikan. ditunggu ya postingan galeri Enichisainya. ^^

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar