REVIEW FILM BLACK PANTHER [Bahasa Indonesia]

Ok gaes balik lagi nih, sebelumnya ane mau berkata ini thread pertama ane yang mbahas soal dunia per-filman, kenapa ane mbahas ini? Jawabannya sederhana, “BOSAN”  . Disamping karena boring, ane juga mau ngebuktiin sejauh mana sih jemari yang masih NOOB ini mampu bercerita kepada kalian dengan panjang lebarnya (ciaahahaa Nubie ._.), Itung itung belajar jadi kritikus film hehehe,  OK gaes cukup basa-basinya.

Berawal dari libur panjang imlek akhir pekan lalu dan karena desakan imouto(adik ane maksudnya) yang pengen maen ke Solo [katanya], ya udah ane turutin. Tapi ane bingung mau ngapain juga ke Solo, ya udah dari pada  dia ngambek dan ane jadi  korban samsak tinju, usut punya usut ane ambil pilihan untuk ngajakin dia nonton ke Bioskop gan mengingat dia juga belum tau ane ajakin nonton di bioskop (kakak yang buruk yaa ^o^“). tapi tunggu namanya juga orang mau nonton film, ya sudah sewajibnya lah ya punya judul film yang mau di tonton… Ok, back to malam sebelumnya, ane dan teman-teman geng ane kalau bahasa jawanya ‘Bolo Kenthel’ kumpul-kumpul nih, Ngrental PS sambil makan bakso bakar.. (ane nggak berniat ngomporin gaes, sungguh… :3) . Jadi sebut saja  temen ane, kang nae cerita-cerita ngajakin nonton bareng, dan tercetuslah “Black Panther” dari bibirnya kang Nae.

hanya sekedar pemanis :3
Yha kalo ditelusur lebih jauh sih ini film buatan studio Marvel nih, yah you knowlah, garapannya pasti film-film yang berbau tema pahlawan begitu, dan udah jelas lah yha dan tanpa perlu basa-basi pasti genrenya aksi, laki banget ya kan. Oke berbekal dari percakapan inilah yang buat jadi referensi sekaligus menguatkan rasa pengen nonton ane semakin membludak tak terbendung dan jadilah ane sama adik ane nonton nih film keesokan harinya, (sorry gaes ane nonton duluan tanpa bermaksud berkhianat sama kalian ataupun mendahului,  TeeHee..  ^_-* )

Oke kita akhirnya nonton di salah satu mall di solo, Solo Square (yang solo pasti tau lah ya) , bioskop XXI, Ambil tiket jadwal nonton pukul 20.30, oke fix cukup larut ntar pulangnya. Karena ane nontonnya pas akhir pekan, tentunya ini cukup menyebabkan dompet ane terkuras (timingnya gak pas banget buat traktiran –“). Mulai dari sini persiapkan diri yag, bakal banyak bumbu spoiler di sana-sini…
hehehe....
Bukti otentik om :'D
Ok tiba lah saatnya menonton Black Panther, jeng jen jeng… 




Oke jujur yang pertama ada di benak ane dari melihat judulnya saja ya pasti superhero yang pake kostum macan kumbang gitu ya Cuma yang jadi ketertarikan ane itu adalah desain kostumnya,, jujur ane belum nonton trailer filmnya sama sekali atau nyari-nyari gmbar yang berkaitan dengan ini sampai hari dimana ane nonton ini film, taunya Cuma latar belakang synopsis ceritanya aja yang katanya sih perebutan tahta kekuasaan gitu.
Penampakan Kostum
Di awal mula Film disajikan langsung nih langsung kaya sindikat perbudakan orang-orang kulit hitam begitu, trus muncul dah ni yang dinanti-nanti sang black panther, pahlawan dari tanah Wakanda, Afrika! Munculnya gak tanggung-tanggung lagi pake pesawat UFO, madafaka!
Welcome to Wakanda!
Jadi Black Panther itu sebenarnya Raja dari tanah wakanda yang dianugerahi kekuatan leluhur gitulah fungsinya ya buat ngelindungin kaumnya. Kenapa tanah wakanda harus dilindungin? Jadi tanah wakanda itu sebenarnya pusat tanah perkembangan teknologi perdadaban manusia yang sangat maju yha yang sering digumam-gumamkan para ahli gitu gaes, gampangannya kalo didunia nyata kita ente bisa bilang itu kaya Atlantis kota peradaban yang hilang. Wakanda sendiri bisa sangat maju karena mengandalkan biji logam vibranium gan, kalo kata di fimnya sih logam ini merupakan logam yang paling kuat dan langka yang ada di muka bumi (ane pribadi sih belum cross check biji vibranium bgimane). Nah padahal logam ini sendiri dikatakan langka,Namun di Wakanda.. ini logam ada segunung brey.. (wahaha uda kaya emas di bumi cendrawasih nih). Gokilnya lagi, ini logam bener-bener jadi pusat atau bahan dasar buat ngembangin teknologi-teknologi mutakhir yang ada disana, mulai dari sarana transportasi, kesehatan peternakan, dan tentunya senjata. Nah yang terakhir ini yang bawa bencana, di ceritakan ada penyusup yang memasuki tanah wakanda beberapa tahun sebelumnya, trus buat kegaduhan di wakanda lalu dia berhasil melarikan diri hidup-hidup dan membuat onar lagi dengan membawa teknologi yang berasal dari sana. Sempet diawal dibelokkan saya, bahwa ini bakal jadi pusat plot cerita sampai lupa bagian dari synopsis yang ane ceritain sebelumnya bahwa ini soal perebutan tahta. Whaha ternyata si orang yang ane sangka antagonis utama ternyata punya teman yang merupakan pemimpin dibalik layar, orang wakanda buangan.. disini ane mulai berdecak kagum, wow si sutradara benar-benar pintar memainkan plot film nih.

Singkat cerita ini orang lah yang bakal jadi “The Main Antagonist” dalam cerita ini dengan membawa permasalahan yang ia pikul sebagai warga kulit hitam di Amerika dan sebagai orang yang telah dibuang oleh Wakanda negeri yang mengkhianati ayahnya, ia pun menjadikan Wakanda sebagai negerinya dan mencoba membawa kekuatan wakanda untuk mendiskriminasi orang-orang luar dengan kekuatan dan perang. Keren nih pokoknya rekomended banget ceritanya.

Dari segi visual, sudah saya tak mampu berkata apa-apa lagi ini benar-benar film yang memanjakan mata dengan efek-efek kekuatan ilmu Science fiction gan, keren top-cer dah, saya kasih rating full. Dari senjata yang mirip animasi astro boy, sampai teknologi transportasi yang benar-benar saya impikan, tenaga magnet, jauh dari polusi dan sangat cinta alam banget juga sangat efisien [walaupun pengembangannya sendiri juga masih jauh dari tangkapan imajinasi ane]. Selain itu kekuatan AR(Augmented Reality) yang hadir pun sangat melengkapi rasa kagum saya akan film Black Panther ini.

Dari Segi Budaya, ente akan dihadir-kan bagaimana tradisi kerajaan dalam pemilihan raja yang baru, bagaimana seorang mewarisi kekuatan pendahulunya dan menanggung beban moril yang ada, dan bagaimana pakaian-pakaian adat suku yang menjaga keanekaragaman suatu wilayah, dan itu semua berfungsi dengan satu tujuan untuk mensejaterahkan wilayah tersebut boss. Bagaimana seharusnya pengabdian yang benar pada Negara kita dan bagaimana cara melakukan hubungan dengan wilayah dari Negara lain, bagaimana cara agar mereka mau mengakui kita, dan bagaimana melakukan suatu hubungan diplomasi, keren lah gan.
Dari segi komedy, oke bercandaanya cukup sih diolah dengan sederhana dan tidak berlebihan selayaknya film hero yang lebih mengutamakan kekuatan genre aksi, tapi jangan anggap remeh komedinya memang sederhana tapi cukup untuk mengocok perut ente gan.

Ok that’s for all gaes, meskipun ada kekurangan sedikit menurut ane dalam cerita filmnya, yang mungkin sedikit ambigu dan ada hal yang membuat ane kurang puas, tapi ane sadar keputusan om sutradara dan memang ini terlalu singkat membuat cerita epic yang memuaskan banyak pihak hanya dalam tayangan 2 jam, menurut ane ini film yang sangat patut untuk di tonton dan bahkan penilaian ane film ini bener-bener mengalahkan pendahulunya avenger atau seri-seri fim hero jebolan marvel sebelum ini film dipublikasikan.

Ok gaes selamat menonton ya!!





Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar